-->

-- Bandung Amanah Tours and Transport --

<b>-- Bandung Amanah Tours and Transport --</b>
Terima Kasih Atas Kepercayaan Anda Selama Ini

-- ALL ABOUT BANDUNG CITY--

<b>-- ALL ABOUT BANDUNG CITY--</b>
Welcome To Bandung

Sabtu, September 23, 2017

Bukit Jamur, Bandung

bukit jamur bandung


Provinsi Jawa Barat yang merupakan salah satu provinsi terbesar di Indonesia menyimpan banyak potensi wisata alam yang indah dan pastinya cocok untuk foto-foto . Dari sekian banyaknya destinasi wisata yang terdapat di provinsi ini adalah salah satu kawasan wisata yang terkenal yaitu di Cwidey, Bandung Selatan. Di kawasan ini terdapat banyak tempat wisata yang menarik, mulai dari Kawah Putih, Kawah Rengganis, Situ Patenggang hingga pemandian air panas yang banyak terdapat di Ciwidey.
bukit jamur bandung
www.instaram.com/phensopian
Tetapi Jawa Barat tidak hanya terkenal dengan keaneragaman tempat wisatanya yang menarik dan indah. Banyak pemandangan di kawasan Ciwidey ini juga sayang untuk dilewatkan bagi kamu yang lewat dikawasan tersebut. Ciwidey sendiri berada di dataran tinggi Bandung Selatan, oleh sebab itu daerah ini memiliki adem yang sejuk. Juga tidak heran jika ditempat ini banyak ditumbuhi oleh perkebunan seperti teh, strawberry, hingga tanaman sayur. Dan kerenya, ditempat ini juga tumbuh beberapa flora dan tanaman langka yang unik. Salah satunya, ditempat ini tumbuh tanaman cemara dengan bentuk yang sangat unik dan mirip dengan tanaman jamur. Nama tempat itu adalah Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey Bandung

bukit jamur bandung

Kalau kita teliti, sebenarnya kawasan ini bukanlah sebuah bukit yang berada pada dataran tinggi. Tetatpi tempat ini hanyalah sebuah taman yang banyak ditumbuhi oleh pohon cemara yang pendek dan bentuknya sangat unik-unik, yaitu menyerupai sebuah jamur payung, wah keren bukan..?. Kenapa disebut sebagai Bukit Jamur..? Nah ternyata karena letak taman ini berada pada dataran tinggi Ciwidey dan bentuknya tidak datar atau berbentuk setengah bola. Maka dari itu, warga setempat dan traveler yang datang ke tempat ini menyebutnya sebagai Bukit Jamur Ciwidey.
Jika kita perhatikan pohon cemara yang berada ditempat ini sangat memiliki bentuk-bentuk yang sangat unik. Karena bentuknya yang menarik perhatian pecandu foto-foto menarik, banyak yang menggunakan tempat ini sebagai spot foto yang anti mainstream, bahkan tak sedikit banyak yang menggunakannya sebagai tempat foto pre-wedding.

bukit jamur bandung

Selain tempat ini ditumbuhi banyak pohon cemara yang unik-unik dan begitu menarik. Cuaca ditempat ini juga sangat sejuk karena dikelilingi oleh pepohonan yang hijau dan rindang. Dan ditempat ini juga terdapat pabrik teh milik PT. Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII). Pabrik teh ini telah ada sejak zaman pemerintahan Belanda, tepatnya saat mereka menjajah tanah priangan.

Terdapat juga beberapa rumah peninggalan Belanda dengan gaya klasik, yang ditandai dengan adanya cerobong asap yang berguna sebagai penghangat ruangan karena letak dari rumah ini berada di kaki Gunung Tilu dan Gunung Patuha yang berada di dataran tinggi Ciwidey. Wow keren banget kan..? jadi, selain bisa berfoto dan menikmati dari keunikan pohon cemara ini, kamu juga bisa menikmati wisata bersejarah yang masih tersisa di tempat ini, waduh buruan ajak temen-temen kesana..!!
bukit jamur bandung

Apa Saja Fasilitas Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey

Taman yang menyerupai bukit kecil dan menarik ini berada di pinggir jalan desa, dan bukanlah merupakan sebuah tempat wisata, maka tak ada fasilitas umum yang bisa digunakan ditempat ini.

Berapa Harga Tiket Masuk Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey

Dikarenakan kawasan ini belum dikelola oleh pemerintah desa setempat, serta pemilik PTPN VIII, maka tempat ini belum diberlakukan sistem retribusi tiket alias gratis. Jadi, untuk bisa tiba dan menikmati keunikan dari phon cemara yang berbentuk jamur payung ini kamu hanya perlu merogoh kocek untuk bensin kendaraan dan parkir saja.

Alamat  Atau Akses LokasiMenuju Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey - Bandung

Secara administratif Bukit Jamur Rancabolang ini berada di Desa Rancabolang, Kecamatan Ciwidey, Provinsi Jawa Barat. Atau kalian dapat mencari lewat aplikasi Google Maps pada Smartphone kalian.
Rute Menuju Taman Wisata Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey

Untuk dapat sampai di Bukit Jamur Rancabolang ini, kalian dapat  menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Namun disarankan agar menggunakan kendaraan roda dua. Hal itu dikarenakan saat tulisan ini kami himpun, akses jalan menuju Desa Rancabolang sedang diperbaiki, sehingga di beberapa titik masih terdapat jalanan berbatu dan rusak parah, jadi mungkin sekarang beberapa jalan sudah selesai perbaikannya.

Patokan yang paling mudah untuk mengunjungi tempat ini adalah dengan menuju kawasan Geodipa Energi atau kawasan Kebun Teh Rancabolang milik PTPN VIII yang berada di Ciwidey. Berikut adalah rute tercepat jika bertolak dari Kota Bandung : Kota Bandung – Leuwi Panjang – Kopo Sayati – Margahayu – Katapang – Soreang – Pasir Jambu – Ciwidey – Baru Tunggul – Dusun Keneng – Desa Rancabolang.
Namun jika kalian masih kebingungan, sebenernya untuk bisa masuk ke kawasan Desa Rancabolang, patokan yang paling mudah adalah dengan mengarahkan kendaraan menuju kawasan Ciwidey. Belokan menuju arah Desa Rancabolang berada sesudah Alfamart dan di arah kiri sebelum Kolam Renang The Valley Resort. Setelah kalian telah melewati kawasan Kolam Renang The Valley Resort, maka kalian jangan meneruskan perjalanan, tapi berbalik arah dan menuju Desa Rancabolang.

Ketika dari belokan tersebut kalian hanya perlu mengarahkan kendaraan ke arah Baru Tunggul. Setelah berada di Baru Tunggul kembali belokan kendaraan menuju Desa Rancabolang, Dan Bukit Jamur Rancabolang ini berada setelah melewati pertigaan PLTU. Geodipa Energi.

Yups kalian tertarik untuk melihat keunikan dari pohon cemara yang berbentuk seperti jamur-jamur dan anti mainstream ini? Jangan lupa sebelum berangkat charge battery kamera kamu, agar dapat berfoto-foto ria dengan spot yang kece dan instagramable banget.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
Comments
0 Comments
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

Comment Facebook

 

Pidi Baiq