-->

-- Bandung Amanah Tours and Transport --

<b>-- Bandung Amanah Tours and Transport --</b>
Terima Kasih Atas Kepercayaan Anda Selama Ini

-- ALL ABOUT BANDUNG CITY--

<b>-- ALL ABOUT BANDUNG CITY--</b>
Welcome To Bandung

Khamis, November 12, 2015

Garut, The Swiss van Java - Garut, Swiss yang ada di Jawa

 
tour murah garut
Garut The Swiss Van Java

Keindahan dan Kesegaran Garut si Kota Intan


Garut merupakan sebuah nama Kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Barat. Daerah Garut ber ibu Bandar di Tarogong Kidul. Bicara mengenai Kabupaten Garut maka tidak boleh dipisahkan dari habuan khas orang Sunda, iaitu Dodol Garut. Ya, memang salah satu habuan khas yang berasal dari Garut adalah dodol Garut yang sudah terkenal ke seluruh penjuru tanah air. Di mana-mana anda berada, hampir diseluruh lokasi pelancongan di Jawa Barat pasti ada penjual oleh-oleh dodol Garut ini. Di bidang pelancongan ternyata Kabupaten Garut ini tidak boleh dipandang ringan berbanding dengan kawasan lain.
Ada pelbagai lokasi tempat pelancongan di Kabupaten Garut yang mempunyai potensi yang cukup tinggi. Disini kami akan memaparkan 12 Tempat Pelancongan yang ada di Kabupaten Garut.


1. Pantai Santolo

tour murah garut
Pantai Santolo
Pantai Santolo adalah pantai yang terdapat atau terletak di Kecamatan Sikelet Kabupaten Garut. Tempat Wisata Pantai Santolo ini sangat ramai dikunjungi oleh pelancong yang kebanyakan berasal dari Bandung. Mereka ingin menyaksikan pemandangan alam yang sangat indah beserta melepaskan lelah selepas sibuk bekerja.

pantai santolo garut
pantai santolo garut
 

2. Situ Bagendit (Tasik Bagendit)

tasik bagendit garut
situ bagendit
Situ Bagendit merupakan sebuah situ atau tasik yang terletak di Kecamatan Banyuresmi. Di tempat kedua ini terdapat sebuah legenda mengenai asal mula Tasik Situ Bagendit. Legenda itu juga yang menjadi salah satu perkara yang menarik perhatian pengunjung. Situ Bagendit mempunyai pemandangan yang indah iaitu air tasik yang jernih serta terdapat rakit, perahu dan basikal air yang disewakan untuk keperluan pengunjung.


tasik bagendit garut
situ bagendit


3. Pantai Rancabuaya

pantai rancabuaya garut
pantai rancabuaya garut
Tempat pelancongan di Garut lain yang sudah terkenal adalah Pantai Rancabuaya. Pantai Rancabuaya merupakan termasuk dalam deretan pantai yang berkaitan dengan Samudera Indonesia, sehingga mempunyai ombah yang cukup besar. Pemandangan di Pantai Rancabuaya inu juga bagus dan tak kalah dengan pantai lain di Indonesia. Hembusan angin dan deburan ombak menjadi pelegkap tempat pelancongan ini. Di lokasi pelancongan Pantai Rancabuaya, pengunjung boleh bermain di bebatauan karang dan di pasir pantai yang indah.

bebatuan pantai rancabuaya garut
pantai rancabbuaya garut
 

4. Curug Orok

air terjun curug orok
curug orok garut
Selain Pantai, di Garut juga terdapat tempat kedua berupa curug atau air terjun. Curug Orog adalah tempat pelancongan di garut yang terletak di Desa Cikandang. Ketinggian air terjun di Kampung Orog ini mencapai 45 meter. Semasa cuti tiba banyak sekali pelancong yang berkunjung ke tempat pelancongan yang indah di Garut ini.

air terjun
curug orok
 

5. Gunung Papandayan

gunung papandayan
gunung papandayan
Nama Gunung Papandayan sepertinya sudah sangat familiar di telinga warga masyarakat Jawa barat. Gunung Papandayan terdapat di Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut dan merupakan salah satu gunung aktif di Jawa barat. Potensi pelancongan yang ada di Gunung Papandayan adalah berupa pemandanganya yang indah dan masih asri serta terdapat kawah dan sumber air panasnya. Bagi anda yang suka mendaki gunung, Gunung Papandayan juga sering didatangi oleh para pendaki untuk menikmati indahnya pemandangan gunung dan matahari terbit atau sunrise.

panorama gunung papandayan garut
panorama gunung papandayan garut
 

6. Pantai Cijeruk Indah

pantai cijeruk indah
pantai cijeruk indah
Kerana lokasinya yang berdekatan dengan laut, maka terdapat beberapa pantai yang terdapat di Kabupaten Garut. Pantai-pantai ini mempunyai pemandangan yang sangat indah sehingga sering dikunjungi oleh para pelancong. Pantai Cijeruk Indah merupakan sebuah pantai di Kabupaten Garut yang terdapat di Desa Sagara. Pantai Cijeruk Indah mempunyai daya tarikan pantai yang masih bersih, asri dan belum banyak dikunjungi pelancong.

 

7. Air Panas Cipanas

cipanas garut
pemandian air panas garut
Di lokasi tempat pelancongan Cipanas terdapat mandian air panas yang sudah cukup dikenal masyarakat. Lokasi mandian air panas Cipanas terdapat di 6 km dari Kota Garut. Di sepanjang jalan menuju tempat pelancongan Cipanas ini anda akan disajikan dengan pemandangan semula jadi luar bandar yang masih asri. Mandian air panas cipanas banyak digunakan penduduk untuk mandi, selain menyegarkan, air panas didalamnya dipercaya boleh menyembuhkan berbagai macam penyakit.

pemandian air panas garut
pemandian air panas garut
 

8. Pantai Karang Paranje

pantai karang paranje
pantai karang paranje
Tempat pelancongan pantai di Garut lain yang banyak dikunjungi masyarakat adalah Pantai Karang Paranje. Di pantai ini terdapat gugusan karang yang enambah keelokan pelancongan di pantai tersebut. Pantai ini masih kelihatan asri dan belum banyak dibangunkan oleh pihak berkaitan. Hal ini menjadikan wantai ini tempat yang masih asri dan alami.

pantai karang paranje
pantai karang paranje
 

9. Pantai Puncak Guha

pantai puncak guha
pantai puncak guha
Rasanya tak ada bosannya unntuk melawat tempat pelancongan pantai. Hal ini membut Kabupaten Garut selalu dikunjungi oleh pelancong yang ingin melihat keindahan alam di pantai. Salah satu pelancongan pantai Garut yang indah adalah Pantai Puncak Guha. Pantai Puncak Guha di Garut mempunyai keunikan tersendiri berbanding pantai lain. Keunikan tersebut adalah pemandangan pantai yang dilihat dari atas sebuah bukit. Tapi harus hati-hati ya kalau melawat tempat ini. Pastikan keluarga anda terutama anak kecil berada disamping anda.

puncak guha
pantai puncak guha
 

10. Candi Cangkuang

Candi Cangkuang di Garut adalah salah satu kuil peninggalan Agama Hindu yang terdapat di Kecamatan Leles, Garut jawa barat. Menurut sejarah kuil ini dibina pada masa pemerintahan Kerajaan Sunda Galuh. Lokasi tempat pelancongan ini sangat sesuai untuk lawatan sehari bersama keluarga dan mengenal sejarah yang ada di Kabupaten Garut Jawa Barat.

candi cangkuang garut
candi cangkuang
 

11. Makam Godog

makam godog
makam godog
Kenapa Makam Godog di Garut Jawa Barat ini menjadi istimewa? Tak lain kerana makam Godog dipercaya sebagai makam Prabu Kian Santang atau juga dikenali dengan Syekh Sunan Rohmat putra Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pajajaran. Lokasi makam Godog terdapat di lereng Gunung Karacak atau alamat lengkapnya di Desa Lebak agung Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut. Makam ini seolah dkeramatkan oleh warga sekitar sehingga banyak dikunjungi oleh para jemaah.

makam godog
makam godog garut
 

12. Arung jeram arus Cikandang dan Cimanuk

arung jeram cikandang
Selain pelancongan pantai ternyata di Kabupaten Garut terdapat tempat pelancongan yang dikhaskan untuk memacu adrenalin kita. Tempat pelancongan ini berupa arung jeram yang terdapat di sepanjang Sungai Cikandang dan Cimanuk.

arung jeram cikandang
arung jeram cikandang
 13. Taman Golf Ngamplang

taman glf ngamplang
taman golf ngamplang
DARI kawasan di kaki Gunung Cikurai inilah, sebutan "Swiss van Java" untuk Garut terlahir. Dari tempat bernama Ngamplang tersebut, Kota Garut terlihat begitu jelas dikelilingi pegunungan, layaknya kota-kota di Swiss yang juga dikelilingi pegunungan.
Ngamplang terletak empat kilometer dari Kota Garut ke arah Tasikmalaya, tepatnya di Kecamatan Cilawu. Tempat ini berada pada ketinggian beberapa ratus meter di atas permukaan tanah Kota Garut, membuat udaranya jauh lebih sejuk dan segar.
Dari Ngamplang, Sungai Cimanuk tampak meliuk membelah Kota Garut, seperti Sungai Aare yang membelah Ibu Kota Swiss, Bern. Gunung Papandayan, Gunung Guntur, Gunung Talaga Bodas, serta Gunung Sadahurip yang terkenal dengan sebutan Gunung Piramida, terlihat jelas mengelilingi Kota Garut, dari Ngamplang saat langit cerah.
Hal tersebut pun diucapkan Komandan Korem 062 Tarumanagara, Kolonel Inf Besar Harto Karyawan, saat menghadiri kegiatan pelepasan seribu burung di Ngamplang, pekan lalu. Katanya, warga dan pesohor Eropa selalu mengunjungi Ngamplang untuk melihat keindahan Kota Garut.
Pengurus Lapangan Golf Flamboyan Ngamplang, Sawin, mengatakan sekitar tahun 1930, Pemerintah Kolonial Belanda mendirikan sanatorium, yakni tempat penyembuhan penyakit khusus, dan sebuah hotel di Ngamplang. Sejak saat itu, Garut menjadi tempat wisata favorit warga Eropa.
"Termasuk Charlie Chaplin, aktor komedi itu tercatat dua kali ke Garut dan menginap di Grand Hotel Ngamplang. Dari Stasiun Cibatu, dia mengunjungi Situ Bagendit dan Cipanas. Kemudian menginap di Ngamplang sebelum melanjutkan ke Gunung Papandayan," kata Sawin di Lapangan Golf Flamboyan Ngamplang.
 
taman golf ngamplang
taman golf ngamplang

Selain 12 tempat pelancongan di Garut diatas, sebenarnya masih banyak lokasi pelancongan di Kabupaten garut jawa Barat. Berikut sekalian kami sampaikan pelbagai macam tempat pelancongan di Garut:

  •     Leuweung Sancang
  •     Pantai Cijeruk Indah
  •     Pantai Karang Paranje
  •     Pantai Sayang Heulang
  •     Pantai Santolo
  •     Taman Manalusu
  •     Pantai Cijayana
  •     Taman Ranca Buaya
  •     Taman Golf Ngamplang
  •     Air terjun Neglasari
  •     Kampung Dukuh
  •     Makam Cinunuk Hilir
  •     Curug Orok
  •     Curug Sanghyang Taraje
  •     Curug Cihanyawar
  •     Gunung Papandayan
  •     Taman Hidupan Cikembulan
  •     Golf Course Flamboyan
  •     Kawah Darajat
  •     Makam Godog
  •     Talaga Bodas
  •     Situ Bagendit
  •     Curug Citiis
  •     Curug Kancil Cibatu
  •     Cipanas
  •     Candi Cangkuang
  •     Situ Cangkuang
  •     Curug Cimandi Racun
  •     Pelancongan garut kampung sampireun

Produk Unggulan dan Oleh-oleh khas Kabupaten Garut


  •     Jaket Kulit
  •     Batik Tulis Garutan
  •     Kulit Tersamak
  •     Minyak Akar Wangi
  •     Boboko Samarang
  •     Batu Hias Bungbulang
  •     Tahu Kandang
  •     Domba Garut

Makanan dan Camilan Khas Kabupaten Garut

  •     Dodol Garut
  •     Ladu Malangbong
  •     Keropok Kulit (Dorokdok Garut)
  •     Pindang Ikan
  •     Sambal Cibiuk
  •     Ais Goyobod
  •     Oren Garut
  •     Wajit
  •     Burayot
  •     Getrek
  •     Emplod
  •     Chocodot
  •     Burayot
  •     Keropok RO
  •     Rangginang
  •     Bugis
  •     Lagenar

Demikian tadi pelbagai maklumat pelancongan di Kabupaten Garut, semoga bermanfaat untuk anda sekalian.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
Comments
0 Comments
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

Comment Facebook

 

Pidi Baiq